Reporter : Desvan Verdiansya
Redaktur : Tasha Meyra G.

Sajian kopi beserta cemilan di kafe Gingerbox (DV/PosisiNews)


PosisiNews – Kopi sudah tidak asing lagi di telinga anak muda, khususnya mahasiswa. Bahkan minum kopi sudah menjadi ritual sebagian orang. Peminum kopi memiliki beragam tipe. Ada yang benar-benar menikmati aroma serta rasa dari kopi tersebut, ada juga yang meminum kopi hanya sekedar suka saja.

Penikmat kopi biasanya lebih sering meminum secangkir kopi dengan menikmatinya dari awal proses pembuatan hingga akan meminumnya. Mereka lebih cenderung menyukai kopi yang tidak dicampurkan dengan gula untuk menikmati aroma serta rasanya yang khas. Sedangkan penyuka kopi, mereka meminum karena menyukai rasa dari kopi itu sendiri. Mereka juga meminum kopi hanya saat berkumpul bersama teman-temannya.

Dinda, seorang barista di salah satu kafe yang terletak di Serang, menjelaskan bahwa konsumen khususnya anak muda yang sering memesan kopi di kedai tempatnya bekerja yang berjenis latte atau cappuccino. Dua macam minuman tersebut merupakan kopi yang dipadukan dengan cream serta gula dan biasanya dipesan dalam keadaan dingin.

Berbeda dengan penikmat kopi, kebanyakan dari mereka lebih cenderung memesan kopi V60. Kopi ini dibuat dengan disaring sebanyak tiga kali, memakan banyak waktu dibandingkan membuat latte. Itulah mengapa pecinta kopi yang menikmatinya berbeda dengan penyuka kopi pada umumnya.

“Yang dirasakan dari meminum kopi (adalah) membuat diri merasakan lebih tenang”, ujar Ghozi, mahasiswa penyuka kopi Gayo khas Aceh. (DV/TMG/PosisiNews)