Reporter: Rosinta Amalia
Redaktur: Tasha Meyra Gusmawati


Kue Lupis (sumber: limakaki.com)



POSISINEWS – Tidak terasa kini sudah memasuki Bulan Suci Ramadan yang ke 1440 H/2019 M. Tepat pada Minggu sore, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saiffuddin, yang memimpin sidang isbat mengumumkan bahwa penetapan awal Ramadan jatuh pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019.

Datangnya bulan suci Ramadan sangat dinantikan oleh umat muslim. Selain itu, bulan ini pun sebagai peringatan wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW.

Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia memanfaatkan kesempatan bulan Ramadan untuk berdagang di sore hari dengan menjual makanan pembuka atau takjil. Orang-orang yang berpuasa biasanya ingin memakan makanan pembuka yang manis serta gurih, salah satunya contohnya adalah kue lupis.

Lupis ketan adalah salah satu makanan tradisional khas dari Jawa Barat. Kue tradisional ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Kue lupis biasanya dinikmati dengan siraman gula aren cair. Rasa manis dari gula aren tersebut menyatu padu dengan kenyalnya tekstur kue lupis. Tidak lupa pula ditambah parutan kelapa yang menambah cita rasa gurih menjadi paduan rasa yang sangat nikmat saat dicicipi.

Sri Rezeki, penikmat kue lupis ketan, mengatakan bahwa kudapan ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Sehingga cocok dijadikan menu untuk buka puasa. “Rasanya manis alami, ditaburi oleh gula merah dan ditambah lagi diberi parutan kelapa muda yang rasanya gurih,” tuturnya.

Cara pembuatan kue lupis ini sangatlah mudah dan sederhana. Beras ketan yang sudah dicuci bersih kemudian direndam dan diaduk hingga merata. Setelah itu, bungkus dengan daun pisang dibuat berbentuk segitiga, jangan lupa dikukus. Selanjutnya buat saus gula merah. Rebus air dan gula merah sampai mengental. Yang terakhir, membuat parutan kelapa. Campurkan parutan kelapa dengan garam dan daun pandan.

Hanya dengan bahan beras ketan, garam, gula merah, dan parutan kelapa, makanan ini tidak kalah enaknya dengan makanan modern. Kalian bisa coba rasakan dan membuatnya sendiri di rumah. (RST/TMG/POSISINEWS)