Reporter: Siti Maemunah
Redaktur: Marcell Faldi


Keseruan Pemilu Run 2019, di stadion Maulana Yusuf, Ciceri - Serang (Sumber: Dok. pribadi SRC)


SERANG, POSISINEWS - Lari merupakan jenis olahraga yang cukup banyak diminati. Selain karena gerakannya yang mudah, olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Menurut Sun Life Financial Asia Health Index 2017, lari menjadi cabang olahraga yang paling diminati di Indonesia, dengan nilai survei 60 persen. Kemudian disusul oleh bersepeda 55 persen dan renang 45 persen.

Tingginya minat masyarakat dalam beberapa tahun ini terhadap olahraga lari membuat sebagian orang yang memiliki hobi serupa tergerak untuk bergabung dalam satu wadah. SRC atau Serang Running Club, menjadi salah satu komunitas di Serang yang terbentuk karena trend tersebut.

"Yang melatarbelakangi komunitas ini berdiri adalah banyaknya minat teman-teman di dunia lari yang sedang trending dewasa ini. Awalnya kami berpikir kenapa kita tidak buat saja sebuah wadah atau komunitas lari di Serang. Tujuannya untuk menyatukan hobi dan akhirnya terbentuklah Serang Running Club ini," ungkap Muhammad Rizky, admin media dan fotografi SRC saat di wawncarai pada Minggu (12/5).


Komunitas yang didirikan pada 13 November 2016 ini telah mempunyai anggota sebanyak 239 orang. Dengan jumlah anggota yang aktif berlari mencapai 50-80 orang per minggunya. SRC juga memiliki beberapa program rutinitas dan khusus yang dilakukan di bulan ramadhan. Adapun untuk program rutinitas, antara lain, lari Minggu pagi (06:00), interval training setiap Selasa dan Jumat sore (16:30), dan long run (lari dengan jarak tempuh di atas 10km) yang diadakan sebulan sekali.

"Selama bulan Ramadan ini lari Minggu pagi akan kita ubah menjadi lari Minggu sore pukul 16:30 di Alun-alun Timur Kota Serang. Kita juga akan mengadakan agenda buka bersama pada tanggal 18 Mei yang berlokasi di Sekertariat Serang Running Club di Dalung Residence, Kota Serang. Selain buka puasa bersama, kami mengadakan santunan untuk anak yatim juga," tambahnya.

Bukan sekedar komunitas biasa, SRC sudah banyak menunjukan kualitasnya. SRC pernah menjadi bagian dari Anyer Krakatau Culture Festival yang merupakan rangkaian kegiatan color run tahun 2017-2018. Dan baru-baru ini, komunitas tersebut juga menjalin kerjasama dengan KPU untuk melaksanakan Pemilu Run yang betempat di Stadion Maulana Yusuf.

Selain itu, Rizky (23) juga mengatakan, SRC tengah bersiap untuk mengikuti beberapa event yang akan datang.

"Ada beberapa event terdekat yang akan kita ikuti, baik dalam maupun luar negeri. Seperti Jakarta Milo International 10k dan Standard Charter Kuala Lumpur Marathon 2019 yang akan berlangsung bulan september nanti," tuturnya.

Dengan adanya komunitas ini, Rizky berharap masyarakat Kota Serang dapat menyadari pentingnya berlari dan merasakan manfaatnya.

"Slogan kita adalah ngubergeh yang tujuannya untuk mengajak masyarakat berlari agar sehat. Selain itu, kami juga berharap semoga kedepannya banyak warga Kota Serang yang sadar akan manfaat lari dan bersama-sama membuat serang menjadi the next city of runners," tutupnya. (MAE/MF/POSISINEWS)