Penulis : Rosinta Amalia
Redaktur: Marcell Faldi

Foto kemenangan Kamiada FC dalam acara FFI U20 Tahun 2018 (sumber: koleksi pribadi Hairul Latif)

BEKASI, POSISINEWS – Futsal sebagai salah satu olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia, membuat berbagai jenis institusi seperti perusahaan, sekolah, maupun kampus, mendirikan sebuah klub futsal untuk menaungi minat dan bakat para penggemar olahraga ini.

Salah satunya PT. Kamiada Lestari Indonesia, yang memiliki klub futsal Kamiada FC. Kamiada FC didirikan langsung oleh pemilik perusahaan, Yusuf Dargawan sejak tahun 2013 yang bertempat di Bekasi.

Hairul Latif mengatakan “Awal dari berdirinya klub futsal ini cuma iseng-iseng kumpulan karyawan yang bekerja di PT. Kamiada Lestari Indonesia. Akhirnya pihak manajemen memutuskan membuat klub amatir yang bernama Kamiada FC pada tahun 2013. Untuk ikut event turnamen futsal di sekitaran Bekasi. Tahun selanjutnya manajemen dari kami terus ikut turnamen yang sifatnya ke nasional dan Alhamdulillah gelar juara sudah dapat dan sampai sekarang klub ini sudah menjadi klub profesional,” kata pengurus klub Kamiada FC itu pada Sabtu (16/3).

Kamiada FC saat ini memiliki anggota yang terdata berjumlah 40 orang, terdiri dari 2 kategori tim, tingkat junior dan senior dengan pemain berusia 18 sampai 30 tahun. Orang-orang yang bergabung dalam klub ini, didominasi berasal dari kota Bekasi dan Jakarta. Namun, ada bebrapa dari Banten hingga luar pulau Jawa, yaitu salah satunya Papua. Selain itu klub ini memiliki cabang yang bertempat di Malang, Jawa Timur.

“Ya, cabang ada di Malang, Jawa Timur karena apparel klub ini berasal dari malang yang support keperluan tim kami semua,” ungkap Hairul Latif.

Karenakan Kamiada FC merupakan klub yang sudah memasuki ranah profesional dan olahraga futsal adalah salah satu olahraga yang berprestasi di Indonesia, tentunya membuat Kamiada FC harus merekrut anggota. Mereka melakukanya melalui sosial media.

”Melalui seleksi sosial media seperti Instagram dan Facebook. Alhamdulillah mereka semua antusias mau ikut gabung ke klub Kamiada FC. Karena memang semua klub futsal mempromosikannya lewat sosial media,” jelas pria yang akrab disapa Irul.

Untuk meningkatkan kemampuan dan mengharumkan nama perusahaan, kerap kali mereka aktif dalam mengikuti turnamen di tingkat nasional, seperti Liga Profesional Indonesia dan FFI U20 setiap tahunnya. Bahkan ada beberapa pemain dari klub Kamiada FC terpilih untuk masuk dalam skuat Tim Nasional Indonesia.

“Sampai sekarang ada 4 orang, tadinya 7 orang tetapi tercoret tiga. Empat orang tersebut bernama Ahmad Habibie (Kiper), Dewa Rizky, Syaifullah, dan Firman Ardiansyah,” ujar pria berumur 34 tahun itu.

Kamiada FC juga pernah menjuarai beberapa kompetisi ditingkat nasional, yaitu juara FFI U20 tahun 2018, juara Liga Nusantara 2016, dan lolos Liga Professional sampai dengan tahun ini. Serta di tingkat Kota Bekasi-Jakarta, juara Liga Bekasi Express 2016, juara Liga U-19 Jakarta dan juara Piala Walikota Bekasi 2015. (RST/MF/POSISINEWS)