Reporter: Rosinta
Redaktur: Marcell Faldi

Foto bersama para anggota Klub Badminton Tirtayasa


SERANG, PosisiNews - Badminton sebagai salah satu olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia, membuat berbagai institusi dari berbagai tingkat seperti perusahaan, sekolah maupun kampus mendirikan sebuah klub badminton yang digunakan untuk menampung minat dan bakat para penggiat badminton.

Di Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), terdapat Klub  Badminton Tirtayasa yang didirikan oleh Ferdinan dan Khaidar sejak tahun 2013, dan telah menjadi wadah yang menampung para atlet, penggiat maupun peminat badminton di untirta untuk melatih, mengembangkan hobi dan mencapai prestasi di bidang Badminton. 

Muhammad Fauzi mengatakan, “Awalnya Jadi waktu itu sempet ada senior saya ya tahun 2013 dia ingin ada komunitas bulu tangkis lalu dia buat kan dengan temannya senior saya itu namanya Ferdinand dan dia buat sama temennya yang namanya haidar. Nah bang Ferdinand dan bang Haidar ini buat komunitas awalnya kecil-kecilan namun karena banyak peminatnya dan akhirnya alhamdullilah jadi banyak.” ungkap ketua Badminon Tirtayasa itu. Pada Senin, (4/3).

Dikarenakan olahraga Badminton merupakan salah satu olahraga yang berprestasi di Indonesia dan memiliki peminat yang sangat banyak. Membuat Badminton Tirtayasa tidak terlalu kesulitan dalam merekrut anggota dan menerapkan untuk open recruitment.


“Kalau strategi untuk merekrut anggota baru, biasanya di tahun-tahun begini ya di tahun masuk baru kita mengadakan kaya stand-stand gitu kan kita ngadain stand lalu kita buka oprec gitu kan. Sebenernya bulu tangkis itu kan hobi ya bukan organisasi atau apapun jadi banyak aja gitu banyak yang minat gitu dan bulu tangkis juga merupakan olahraga yang lumayan digandrungi sama semua orang gitu kan, makanya begitu kita buka Stand langsung banyak gitu gausah sibuk segala macaem,” ungkap Muhamad Fauzi.

Badminton Tirtayasa saat ini memiliki anggota yang terdata berjumlah 128 orang yang semuanya berstatus sebagai mahasiswa Untirta. dikhususkan untuk mahasiswa Untirta saja, namun dalam kegiatan latihan dan mengolah skill badminton seringkali Badminton Tirtayasa melakukan latihan bersama dengan klub badminton dari kampus lain. 

“Karena khusus mahasiswa untirta jadi orang yang bergabung dalam komunitas ini hanya mahasiswa untirta saja tetapi kita juga pernah latihan bareng mahasiswa Bina Bangsa dan Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I),” terang Muhamad Fauzi.

Untuk meningkatkan kemampuan dan melebarkan sayap, bahkan mereka pernah mengadakan sparing di luar Kota Serang yaitu di Serpong, Tangerang Selatan. Kegiatan tersebut dilakukan selain untuk menambah pengalaman dan wawasan juga untuk menjalin tali silaturahmi dengan sesama komunitas badminton.

“Pernah waktu itu kita ke Serpong ngadain sparing sama orang-orang situ aja ya alhamdullilah nambahin pengalaman dan nambahin temen aja sama orang-orang situ,” jelas Fauzi.

Badminton Tirtayasa juga pernah menjuarai beberapa kompetisi lokal di Kota Serang. Dilansir dari newsroom.fisip-untirta, Badminton Tirtayasa pernah menjuarai kompetisi KPU Cup pada tahun 2018. Dimana mereka berhasil meraih juara disetiap nomor cabang.

Badminton Tirtayasa juga rutin mengikuti kejuaraan di tingkat Daerah Kabupaten, O2SN, PORPROV Tangerang dan POMDA Banten 2018 dalam rangka Pekan Olahraga Tingkat Mahasiswa Daerah (POMDA) VII Banten pada tanggal 26-30 November 2018. (RST/MF/POSISI)